Jumat, 07 Desember 2012

KURIKULUM TAHUN 2013


Tahun 2013 depan, akan diberlakukan kurikulum pendidikan yang baru untuk Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, serta Sekolah Menengah Kejuruan.

Disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, orientasi pengembangan kurikulum 2013 adalah tercapainya kompetensi yang berimbang antara sikap, keterampilan, dan pengetahuan, disamping cara pembelajarannya yang holistik dan menyenangkan.

Untuk tingkat SD, mulai tahun ajaran 2013/2014 jumlah mata pelajaran akan diringkas menjadi tujuh dari yang sebelumnya 10, yaitu menjadi pendidikan agama, pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, matematika, seni budaya dan prakarya, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, serta Pramuka diwajibkan.

Salah satu ciri kurikulum 2013, khususnya untuk SD, adalah bersifat tematik integratif.  Dimana pelajaran IPA dan IPS akan diintegrasikan kedalam semua mata pelajaran.

Nuh menambahkan untuk pelajar SMA penjurusan akan ditiadakan. Alasannya, fakta di lapangan untuk mencari kerja atau meneruskan pendidikan ke jenjang berikutnya tidak ada syarat berasal dari lulusan IPA, IPS, maupun bahasa. "Anak IPS bisa masuk teknik, anak IPA bisa masuk ekonomi, asal lulus ujian masuk," kata Nuh, melansir dari Tempo.co.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Pages - Menu